Term & Conditions

Selamat datang di situs web Ninuninu.id.com ("Ninuninu.id"), mohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini sebelum mengakses serta menggunakan layanan pada situs web Ninuninu.id.id dan aplikasi mobile Ninuninu.id.

Bahwa dengan menggunakan, mengakses atau mengunjungi situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id (untuk selanjutnya seluruh atau sebagian disebut sebagai "Platform"). Kami menganggap Anda telah membaca dengan seksama, mengerti, memahami, dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, serta menjamin bahwa Anda adalah individu yang secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan bahwa Anda telah cakap dan dewasa, Anda telah mendapatkan izin dari orang tua atau wali Anda. Dengan demikian, Syarat dan Ketentuan ini merupakan suatu perjanjian yang sah antara Anda dan PT. Aneka Digital Kreasi sehingga hal-hal berikut harus diterima secara penuh, antara lain:

Mohon diperhatikan, di dalam situs kami terdapat berbagai link ke banyak situs lain yang disediakan untuk kenyamanan Anda. Bagaimanapun kami tidak bertanggung jawab terhadap kebijakan penanganan informasi pribadi di situs-situs tersebut. Kami sangat menganjurkan bagi Anda untuk selalu melihat dan memelajari kebijakan penanganan informasi pribadi di situs-situs tersebut sebelum memberikan informasi pribadi.

  1. Syarat dan Ketentuan penggunaan dan akses Platform.
  2. Ketentuan lain yang diterbitkan oleh Pengelola setiap saat termasuk namun tidak terbatas pada setiap Kebijakan Privasi dan Kebijakan Keamanan sehubungan dengan penggunaan dan akses Platform yang dapat diatur secara terpisah ("Ketentuan Lain").

Seluruh syarat dan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam poin (1) sampai dengan poin (2) di atas keseluruhannya merupakan satu kesatuan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan satu sama lain (yang selanjutnya disebut sebagai "Syarat dan Ketentuan").

SYARAT DAN KETENTUAN INI MERUPAKAN PERJANJIAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA DENGAN Ninuninu.id. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN Ninuninu.id.

1.1 Definisi

  1. Platform adalah aplikasi, Situs dan/atau aplikasi lainnya yang dimiliki dan dikelola dari waktu ke waktu oleh Ninuninu.id, baik secara bersama-sama dan/atau masing-masing disebut sebagai "Platform".
  2. Situs adalah portal web milik Ninuninu.id.
  3. Layanan adalah fitur kemudahan yang diberikan oleh Pengelola sehubungan dengan jual beli produk/barang pada situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id.
  4. Akun adalah identitas virtual pengguna pada Platform yang terdiri dari username, alamat email, dan kata sandi (password) yang berfungsi untuk mengakses berbagai produk dan layanan Platform.
  5. Data Pribadi adalah data perseorangan namun tidak terbatas pada nama, alamat, nomor telepon, alamat email, nomor kartu kredit, dan informasi rekening bank, riwayat pengiriman, barang yang terkirim, deskripsi barang yang diminta atau dibeli dan juga informasi log yang tersedia di server kami, alamat protocol internet (IP address), informasi aktivitas perangkat, jenis peramban, tanggal dan waktu permintaan, URL petunjuk, sistem operasi, serta statistik halaman yang dilihat dan informasi lain yang diperlukan dan disimpan dalam Platform.
  6. Pengelola atau Kami adalah PT. Aneka Digital Kreasi yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia yang merupakan penyedia dan operator dari situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id.
  7. Pengguna atau Anda adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id yang wajib memenuhi Syarat dan Ketentuan Ninuninu.id beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Ninuninu.id.
  8. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Pengelola yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Pengelola, serta tata cara penggunaan sistem layanan situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id.
  9. Produk atau Barang adalah benda berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang yang ditawarkan dalam situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id.
  10. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian Produk/Barang yang dijual di situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi mobile Ninuninu.id serta wajib mematuhi Syarat dan Ketentuan serta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Ninuninu.id.
  11. Hari Kerja adalah setiap hari tidak termasuk hari sabtu, minggu dan/atau hari libur nasional di Republik Indonesia.
  12. Konten adalah fitur dan layanan yang ada dan/atau ditawarkan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas pada file data, teks tertulis, piranti lunak (software) komputer, skrip, grafis, foto, suara, audio, desain, video, video player, musik, kombinasi audiovisual, e-commerce platform, informasi kontak Pengelola, serta aplikasi lainnya.
  13. Partner atau Mitra adalah pihak ketiga yang bekerja sama dengan Pengelola dalam melakukan pelayanan kepada pengguna layanan seperti pihak ekspedisi, dan pihak lain yang terlibat dalam bagian layanan situs web Ninuninu.id.id dan/atau aplikasi Ninuninu.id.
  14. Hak Kekayaan Intelektual adalah segala hak merek, paten, cipta (termasuk hak dalam perangkat lunak), hak kumpulan data, hak desain, penemuan, desain produk, model penggunaan milik Ninuninu.id.
  15. Autentikasi 2 Langkah adalah metode untuk mengamankan akun Pengguna yang disediakan oleh Pengelola. Pengguna akan menerima kode autentikasi yang harus dimasukkan ketika login menggunakan perangkat yang belum tervalidasi. Tujuan dari Otentikasi 2 langkah ini adalah untuk menjaga keamanan akun dari pembajakan dan penyalahgunaan akun oleh pihak lain.

1.2 Akun, Password dan Keamanan

  1. Untuk menggunakan Layanan, Anda harus membuat akun pada Platform. Anda perlu memasukkan informasi yang benar dan akurat. Anda juga perlu memastikan bahwa informasi Anda adalah informasi yang terkini dan menginformasikan kepada Pengelola apabila terdapat perubahan data, perubahan dapat dilakukan melalui fitur yang ada dalam Platform.
  2. Pengelola tidak memungut biaya pendaftaran Akun kepada Anda.
  3. Ketika membuat Akun, Anda diminta untuk memberikan informasi mengenai diri Anda seperti Data Pribadi. Anda sepakat dan dengan ini menyatakan bahwa setiap informasi pendaftaran yang Anda berikan melalui Platform adalah benar. Anda sepakat dan dengan ini menyatakan bahwa Anda sepenuhnya bertanggung jawab (dan bahwa Pengelola tidak bertanggung jawab kepada Anda atau kepada setiap pihak ketiga) atas seluruh aktivitas yang terjadi pada akun Anda.
  4. Pengguna wajib berumur setidak-tidaknya 18 (delapan belas) tahun. Pengguna yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun harus mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali untuk mendaftar, membuat Akun, menerima dan menggunakan Layanan. Oleh karenanya, orang tua atau wali Pengguna dianggap telah setuju untuk bertanggung jawab atas seluruh aktivitas pada Akun tersebut.
  5. Pengelola menyediakan fitur/layanan keamanan tambahan yaitu Otentikasi 2 Langkah. Apabila Pengguna mengaktifkan fitur tersebut, maka Platform akan mengirimkan kode otentikasi via SMS atau whatsapp ke nomor handphone yang sudah terkonfirmasi sebagai nomor akun Pengguna. Kode otentikasi dikirim ketika: ada penggunaan dan/atau pencairan dana saldo; perubahan data di akun Pengguna seperti password, alamat email, nomor telepon, dan/atau nomor rekening; serta perubahan dan/atau penambahan alamat. Masukkan kode otentikasi hanya pada kolom yang disediakan oleh sistem Ninuninu.id (situs maupun aplikasi resmi Ninuninu.id). Kode otentikasi tersebut bersifat rahasia dan tidak untuk diinformasikan ke pihak lain termasuk pihak yang mengatasnamakan Ninuninu.id.
  6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengelola tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul akibat dari Pengguna yang tidak mengaktifkan fitur/layanan keamanan Autentikasi 2 Langkah.
  7. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan kode otentikasi, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal yang ditentukan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi ditambah biaya perpajakannya.
  8. Demi keamanan Pengguna, Pengelola menyarankan agar Pengguna mengubah password dari waktu ke waktu secara berkala untuk menjaga kerahasiaan akun Ninuninu.id milik Pengguna.
  9. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS atau whatsapp ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan log-in ke Akun Pengguna. Pengelola tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform Pengguna ketika Pengguna masuk ke Akun Pengguna melalui Platform pada device Pengguna). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  10. Jika Pengguna mengetahui bahwa kata sandi atau Akunnya digunakan secara tidak sah atau mengetahui adanya usaha pelanggaran keamanan terhadap akun Pengguna, Pengguna segera memberitahukan Pengelola melalui alamat email cs@Ninuninu.id.id.
  11. Pengguna dilarang menyalahgunakan Platform dengan menciptakan beberapa Akun.
  12. Anda mengerti bahwa ketika menggunakan Platform dan seluruh Layanan Kami, setiap dan seluruh data Anda yang Kami peroleh dapat dikumpulkan, digunakan dan/atau diungkapkan oleh Kami (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner resmi yang bekerjasama dengan Pengelola) untuk pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna. Hanya untuk tujuan operasi Platform dan penggunaan layanan dan/atau tujuan lain yang dianggap pantas, Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan setiap dan seluruh Data Pribadi Anda yang Anda mengerti bahwa bagian dari data atau informasi mengenai Anda dapat diakses oleh pihak ketiga manapun yang bekerja sama dengan Kami. Untuk menghindari keraguan, Anda juga mengizinkan Kami untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada setiap otoritas (termasuk otoritas hukum) berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian Anda akibat penyalahgunaan oleh pihak ketiga atas data atau informasi Anda yang telah diungkapkan berdasarkan ketentuan ini. Anda memahami bahwa Kami dapat disyaratkan untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada setiap otoritas (termasuk otoritas hukum atau moneter) berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut dalam hal terjadi pelanggaran terhadap seluruh ketentuan di atas, sepanjang yang dimungkinkan oleh hukum termasuk melibatkan aparat penegak hukum. Kami memiliki hak untuk memonitor akses Anda dalam Platform, untuk memastikan kepatuhan dengan Syarat dan Ketentuan ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku.
  13. Dalam hal Pengguna melakukan pelaporan dan/atau aduan atas Layanan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.

1.3 Pemesanan, Pembayaran, dan Pengiriman

  1. Untuk melakukan pemesanan atau pembelian, Pengguna wajib memiliki Akun untuk menikmati Layanan. Jika sudah terdaftar, maka Pengguna hanya perlu login Akun.
  2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
    1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Barang sebagaimana terlihat di Platform tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. Pengelola telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Platform muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Platform akan akurat.
    3. Pembeli masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
  3. Saat melakukan pemesanan, Pembeli harus memilih dan/atau memberikan informasi yang akurat dan lengkap mengenai jenis, spesifikasi, kuantitas dan/atau setiap karakteristik khusus dari Produk/Barang yang dipesan. Kami tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh kesalahan pemesanan Pembeli.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Pengelola. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka pengelola akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pengguna.
  5. Pembayaran oleh Pengguna wajib dilakukan segera (sesuai dengan ketetapan aplikasi dan proses penerimaan pembayaran) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pengguna, Pengelola memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  6. Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Pengelola. Pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan berbagai metode pembayaran seperti Virtual Account, transfer bank (verifikasi manual), Kartu Kredit, Debit, Gerai Ritel, e-wallets, QR Codes, dan PayLater. Anda juga dapat membayar seluruh atau sebagian dari harga pesanan Anda dengan menggunakan voucher promosi.
  7. Anda menjamin untuk menyediakan informasi mengenai detail pembayaran secara lengkap dan akurat, serta memiliki saldo atau limit yang cukup pada metode pembayaran yang Anda pilih untuk dapat digunakan dalam pembayaran pesanan Anda.
  8. Pengelola berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Anda melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau Pengelola mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Aturan Penggunaan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Anda kepada Pengelola.
  9. Pengguna disarankan untuk memeriksa kembali jumlah nominal pembayaran dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Khusus pembayaran melalui transfer bank (verifikasi manual), apabila terdapat kekurangan pembayaran pada jumlah tagihan yang seharusnya dibayarkan, Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail dan nomor handphone Pengguna yang terdaftar pada Platform, guna melakukan pembayaran kembali ke rekening resmi Pengelola, sesuai dengan selisih pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran dan jumlah nominal yang telah dibayarkan, hingga batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
  10. Pembayaran melalui metode pembayaran transfer bank (verifikasi manual) sangat disarankan mengunggah bukti pembayaran pada Platform untuk mempermudah proses verifikasi.
  11. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pengguna pergunakan dengan bank Rekening resmi Pengelola adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  12. Setelah pembayaran terverifikasi, maka Kami akan mengantar Produk/Barang ke tempat pengiriman yang Anda tetapkan dalam pesanan Anda dan dalam waktu pengiriman yang kami tampilkan saat Anda melakukan checkout (diperbarui dalam Konfirmasi Pesanan).
  13. Perlu diketahui bahwa Pengelola mungkin tidak dapat melakukan pengiriman ke beberapa area tertentu. Pengelola akan informasikan kepada Anda melalui alamat kontak yang Anda sediakan kepada kami saat Anda melakukan Pesanan dan mengatur pembatalan Pesanan atau pengiriman ke alamat pengiriman alternatif.
  14. Kami mengirimkan Produk/Barang dalam kemasan stAndar kami.
  15. Segala resiko seperti kehilangan atau kerusakan Produk/Barang akan berpindah ke ekspedisi dan/atau Pembeli mulai saat pengiriman.
  16. Pengembalian dana dari Pengelola kepada Pengguna hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    1. Kelebihan pembayaran dari Pengguna atas harga Barang.
    2. Masalah pengiriman Produk/Barang telah teridentifikasi secara jelas yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai.
    3. Pengelola tidak dapat menyanggupi pesanan/order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya.
    4. Pengelola sudah menyanggupi pengiriman order Produk/Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Pengelola tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan
    5. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pengguna atau hasil keputusan dari pihak Pengelola.
  17. Pengguna menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Pengelola. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna.
  18. Pengguna wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. Pengelola memberikan batas waktu 3 (tiga) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Ninuninu.id, untuk Pengguna melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pengguna, maka dengan demikian Pengguna menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem Ninuninu.id.
  19. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka transaksi dianggap selesai.
  20. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Pengelola. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  21. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.

1.4 Promosi

  1. Pengelola dapat mengadakan promosi sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Platform. Syarat dan ketentuan yang dibuat mungkin akan berbeda-beda pada setiap kegiatan promosi. Anda wajib untuk membaca dan memahami secara saksama syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi tersebut dari waktu ke waktu.
  2. Anda akan mendapatkan berbagai informasi promo terbaru dan penawaran eksklusif. Namun Pengguna dapat berhenti berlangganan (unsubscribe) jika tidak ingin menerima informasi tersebut.
  3. Anda hanya diperbolehkan menggunakan 1 (satu) akun untuk setiap kegiatan promosi. Jika ditemukan adanya Pengguna yang membuat lebih dari 1 (satu) akun untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan promosi tersebut, Pengelola dapat melakukan tindakan yang dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna tersebut. Tindakan tersebut dapat berupa pembatalan transaksi, pembatalan voucher, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan hukum apabila ditemukan tindak kecurangan dari Pengguna.
  4. Pengelola berhak melakukan pembatalan transaksi berkaitan dengan promosi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi kenyamanan Pengguna lain dan keamanan.
  5. Pengelola berhak mengubah syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi yang diadakan oleh Ninuninu.id dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.

1.5 Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual

  1. Semua konten yang terdapat atau tersedia dalam Platform kami, seperti teks, grafik, logo, tombol ikon, gambar, klip audio, digital download, judul kampanye dan kompilasi data merupakan milik Ninuninu.id atau pemasok konten dan dilindungi oleh hukum hak merek dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Semua hak-hak tersebut dimiliki oleh Ninuninu.id dan lisensinya. Anda dapat menyimpan, mencetak dan menampilkan konten yang disediakan hanya untuk penggunaan pribadi Anda. Anda tidak diizinkan untuk mempublikasikan, memanipulasi, mendistribusikan atau mereproduksi konten atau salinan dari konten yang disediakan kepada Anda atau yang muncul pada Platform ini dalam bentuk apapun dan Anda dilarang untuk menggunakan konten tersebut terkait dengan bisnis atau tujuan komersial perusahaan apapun.
  2. Selain itu, grafis, logo, judul halaman, tombol ikon, teks, dan nama layanan yang termasuk dalam atau tersedia melalui Platform adalah merek dagang dari Ninuninu.id di Indonesia dan negara-negara lain. Merek dagang Ninuninu.id tidak dapat digunakan untuk barang/jasa yang tidak disediakan oleh Pengelola dengan cara apapun yang dapat mengakibatkan kebingungan di kalangan pelanggan, atau dengan cara yang meremehkan atau mendiskreditkan Ninuninu.id. Semua merek dagang lainnya yang tidak dimiliki oleh Ninuninu.id yang muncul di Platform ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
  3. Status kami (dan status kontributor yang dapat diidentifikasi) sebagai penulis konten di Platform kami harus selalu diakui.
  4. Anda tidak boleh menggunakan bagian apapun dari Platform kami untuk tujuan komersial apapun tanpa memperoleh lisensi sebelumnya dari kami atau dari pemberi lisensi kami. Apabila Ninuninu.id mengetahui adanya pelanggaran hak kekayaan intelektual, kami berhak untuk menggunakan upaya hukum yang tersedia bagi kami.

1.6 Privacy Policy

Kami menghargai privasi Anda. Mohon baca kebijakan privasi Kami untuk informasi lebih lanjut.

1.7 Hak dan Kewajiban Pengguna

  1. Setiap Pengguna berkewajiban untuk membayar penuh atas transaksi yang dilakukan di Platform sesuai dengan ketentuan transaksi dan pembayaran.
  2. Setiap Pengguna bertanggung jawab atas seluruh hal atau kegiatan yang dilakukan di Platform atas nama Pengguna atau menggunakan akun Pengguna tersebut.
  3. Setiap Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya jika Pengguna melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah dirincikan pada Syarat dan Ketentuan ini, dan menyetujui untuk melepaskan Pengelola atas seluruh kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.
  4. Setiap Pengguna berhak mendapatkan Produk/Barang yang sesuai dan telah dibayar penuh oleh Pengguna, dan Produk/Barang tidak dapat dikembalikan atau dibatalkan secara sepihak oleh Pengguna apabila tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami.
  5. Setiap Pengguna berhak mendapatkan Produk/Barang yang telah dibayar penuh sepanjang Produk/Barang tersebut dicantumkan dengan harga dan rabat yang benar dan tidak mengandung informasi yang salah termasuk tidak terbatas pada akibat kesalahan pengetikan maupun kesalahan sistem operasional di Platform Ninuninu.id. Dalam hal terdapat kesalahan informasi yang tercantum pada Platform Ninuninu.id, maka Pengguna menyetujui bahwa Kami dapat melakukan penyesuaian/koreksi atas kesalahan informasi sebagaimana dimaksud.
  6. Setiap Pengguna dilarang untuk melakukan kecurangan (fraud) yaitu suatu tindakan yang disengaja dengan cara apapun untuk mendapatkan manfaat atau keuntungan baginya atau pihak lainnya yang bekerja sama Pengguna, yang menyebabkan kerugian bagi Kami, mitra usaha Kami, pengguna lain di Platform dan pihak-pihak lainnya.
  7. Pengguna wajib memberikan informasi yang akurat, baru dan komplit tentang diri Anda saat mengisi formulir pendaftaran pada Platform.
  8. Pengguna wajib menjaga keamanan password dan identifikasi Anda.
  9. Pengguna wajib menjaga dan memperbaharui secara berkala informasi data pribadi dan informasi lainnya secara akurat, baru dan komplit.
  10. Pengguna wajib bertanggung jawab atas proteksi dan back up data dan atau peralatan yang digunakan.
  11. Pengguna tidak diperbolehkan menggunakan Platform dalam kondisi atau cara apapun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani atau mengganggu server atau jaringan Platform. Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengakses layanan, user accounts, sistem komputer atau jaringan secara tidak sah, dengan cara hacking, password mining atau cara lainnya.
  12. Pengelola akan bekerjasama secara penuh dengan setiap pejabat penegak hukum atau perintah pengadilan yang meminta atau mengarahkan pengelola untuk mengungkapkan identitas dari siapapun yang memuat materi atau informasi seperti tersebut di atas.
  13. Pengguna dilarang melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas atau hak milik lainnya.
  14. Pengguna dilarang melanggar hukum, mengancam, menghina, melecehkan, memfitnah, mencemarkan, memperdaya, curang, atau menimbulkan kebencian pada orang atau golongan tertentu.
  15. Pengguna dilarang menganiaya, melecehkan, merendahkan atau mengintimidasi individu atau grup individu berdasarkan agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia atau cacat fisik.
  16. Pengguna dilarang melanggar norma kesusilaan, cabul, pornografi.
  17. Pengguna dilarang menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
  18. Pengguna dilarang menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).
  19. Pengguna dilarang memuat kata-kata dan/atau gambar-gambar yang menimbulkan rasa takut, kasar, kotor, dan sumpah serapah.
  20. Pengguna dilarang menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang pada prinsipnya dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  21. Pengguna dilarang memuat, memasukkan dan/atau meneruskan hal-hal yang mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak atau membatasi fungsi dari software atau hardware komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
  22. Pengguna dilarang melanggar Syarat dan Ketentuan, petunjuk atau kebijakan lainnya yang ada pada Platform.

1.8 Penutupan Akun dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna

  1. Apabila Pengguna tidak menggunakan Platform sesuai dengan tujuan penggunaannya, melanggar Syarat dan Ketentuan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengelola berhak membekukan atau mengakhiri penggunaan Layanan.
  2. Pengguna memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang bersangkutan, sehingga dalam hal terjadi pengungkapan atau penggunaan data terkait yang tidak sah atau tanpa kewenangan Pengguna, atau peretasan akun, Pengelola dapat melakukan penutupan akun Pengguna.
  3. Pengguna berhak untuk memilih berhenti, baik untuk sementara maupun selamanya, dalam menggunakan Platform setiap saat dengan membatalkan dan menutup akun Anda.
  4. Untuk menutup akun, Pengguna wajib menghubungi customer service dengan mengajukan permohonan penutupan akun melalui email cs@Ninuninu.id.id. Pengelola berhak untuk melakukan proses verifikasi data terkait akun Anda sebelum melakukan penutupan akun.
  5. Proses penutupan akun akan berlangsung maksimal 7x24 jam setelah permohonan diverifikasi dan diterima oleh Pengelola.
  6. Pengelola akan menghapus dan/atau menganonimkan data pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Pengelola apabila data pribadi pengguna:
    1. Tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya,
    2. Anda mengajukan permohonan penutupan akun melalui customer service Kami, dan
    3. penyimpanan data tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

1.9 Hak Kekayaan Intelektual

  1. PT. Aneka Digital Kreasi adalah pemilik tunggal atau pemegang lisensi yang sah atas semua hak pada Platform dan Kontennya. Seluruh Konten yang dimuat pada Platform, termasuk kekayaan intelektual, dilindungi oleh undang-undang dan hukum yang berlaku di seluruh dunia yang melindungi kekayaan intelektual. Segala hak dan hak kekayaan intelektual terkandung dalam Platform dan Kontennya dimiliki oleh Pengelola. Seluruh hak yang tidak secara tegas dinyatakan dalam Syarat dan Ketentuan ini dilindungi diantaranya adalah sebagai berikut:
    1. Kepemilikan atas seluruh perangkat lunak; dan
    2. nama "Ninuninu.id" tulisan dan logo adalah merek dagang yang terdaftar di berbagai yurisdiksi dan dilindungi oleh undang-undang hak cipta, merek, atau hak kekayaan intelektual lainnya. Dilarang keras untuk menggunakan, memodifikasi, atau menempatkan merek-merek di atas untuk kepentingan pribadi dan merusak Platform.
  2. Anda menyetujui, menyatakan, dan menjamin bahwa Anda memiliki sendiri atau memiliki lisensi, hak, persetujuan, dan izin untuk mempublikasikan Konten yang Anda kirim atau unggah, dan Anda sepakat untuk memberi lisensi yang dapat dialihkan, disublisensikan dan memberikan persetujuan kepada Pengelola untuk menggunakan atau memanfaatkan semua paten, hak cipta, merek, rahasia dagang, hak merek atau hak kepemilikan lainnya dalam dan yang melekat pada Konten tersebut termasuk namun tidak terbatas untuk publikasi, distribusi, promosi, dan pengembangan bisnis Perseroan lebih lanjut.
  3. Pengguna akan tetap memegang semua hak kepemilikan dalam Konten Anda. Namun, dengan mengirimkan, mengunggah atau mempublikasikan Konten pada Platform, Anda menyatakan bahwa Anda memberikan kepada Perseroan hak lisensi yang berlaku secara internasional (worldwide), non-eksklusif, bebas dari royalti, yang dapat disublisensikan dan dialihkan untuk menggunakan, mendistribusi, menampilkan dan menyelenggarakan Konten di media manapun sepanjang terkait dengan Platform atau bisnis Perseroan, termasuk, namun tidak terbatas pada, promosi dan redistribusi setiap bagian atau seluruh bagian dari Konten (dan setiap karya turunannya) dalam setiap format media dan melalui saluran media apapun. Anda dengan ini juga memberikan hak kepada Pengguna Platform suatu lisensi non-eksklusif untuk dapat mengakses Konten Anda melalui Platform, dan untuk menggunakan, memproduksi kembali, mendistribusikan, dan menampilkan atau mempertontonkan Konten tersebut sebagaimana diizinkan melalui fungsionalitas Platform tertentu dan berdasarkan Syarat dan Ketentuan. Lisensi yang Anda berikan di atas akan berakhir dalam jangka waktu yang wajar secara komersial setelah Anda menghapus Konten dari Situs. Namun, Anda memahami dan setuju bahwa dengan berakhirnya lisensi sebagaimana dimaksud di atas, (i) Pengelola tidak berkewajiban untuk menarik kembali atau memastikan dihapusnya setiap bagian atau seluruh bagian dari Konten yang telah diproduksi kembali, didistribusikan, ditampilkan atau dipertontonkan di setiap media selain Situs, dan (ii) Pengelola tetap dapat menguasai dan menyimpan, tetapi tidak menampilkan, mendistribusikan, atau menyelenggarakan, salinan Konten Anda yang telah dihapus. Pemberian lisensi di atas berlaku juga untuk komentar yang Anda sampaikan dalam kolom pengguna, dan pemberian lisensi untuk komentar yang Anda sampaikan dalam kolom pengguna berlaku secara terus-menerus (perpetual) dan tidak dapat dibatalkan atau diakhiri.
  4. Pengelola tidak memberikan dukungan, persetujuan, ataupun rekomendasi terhadap Konten apapun yang dikirim, diunggah atau dipublikasikan melalui Platform oleh Pengguna atau pemilik lisensi lainnya ataupun memberikan pendapat, atau saran untuk isi yang terkandung di dalamnya, dan Anda setuju bahwa Pengelola tidak memiliki setiap dan semua tanggung jawab sehubungan dengan Konten. Pengelola melarang dan tidak memperkenankan setiap bentuk pelanggaran terhadap hukum yang berlaku termasuk tetapi tidak terbatas pada hak cipta dan pelanggaran hak kekayaan intelektual lainnya untuk setiap Konten yang tersedia di Platform. Pengelola berhak sepenuhnya untuk membatasi, memblokir, atau menghentikan layanan dari setiap Akun Pengguna, melarang akses ke dalam Platform dan akan menghapus semua Konten jika ada pemberitahuan bahwa Akun Pengguna atau Konten tersebut telah melanggar ketentuan tersebut di atas. Pengelola berhak untuk menghapus Konten tanpa pemberitahuan sebelumnya serta mengambil langkah-langkah hukum untuk menjaga Pengguna atau pengunjung lainnya jika Kami menganggap bahwa pihak ketiga telah melanggar hukum yang berlaku termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual sebagaimana diatur pada Syarat dan Ketentuan ini.

1.10 Konten Buatan Pengguna

Beberapa area atau layanan Platform memungkinkan Anda untuk memuat konten yang dapat diakses dan dilihat oleh pengunjung lainnya, termasuk masyarakat umum. Anda hanya diperkenankan untuk memuat konten pada halaman publik Platform yang Anda ciptakan sendiri atau Anda memiliki izin untuk memuatnya. Anda tidak diperkenankan memuat konten yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini. Pengelola tidak mengklaim kepemilikan dari konten yang Anda muat. Namun, dengan memuat konten pada area publik Platform, Anda memberikan jaminan kepada Pengelola untuk menggunakan, menyalin, menayangkan, mempertunjukkan, mendistribusikan, mengadaptasi dan mempromosikan konten tersebut di berbagai media.

1.11 Konten Buatan Pengguna

Pengelola mungkin menyediakan tautan ke situs pihak ketiga, termasuk tautan yang disediakan pada halaman hasil pencarian. Beberapa tautan situs tersebut mungkin mengandung materi yang tidak menyenangkan, tidak sesuai hukum atau tidak akurat. Tautan tersebut tidak memperlihatkan bahwa kami menyetujui situs pihak ketiga tersebut. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Pengelola tidak bertanggung jawab atas konten atau materi lainnya yang ada pada situs pihak ketiga tersebut. Setiap perjanjian dan transaksi antara Anda dan pengiklan yang ada di Platform adalah antara Anda dan pengiklan dan Anda mengetahui dan setuju bahwa Pengelola tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau klaim yang mungkin disebabkan oleh perjanjian atau transaksi antara Anda dengan pengiklan.

1.12 Tanggung Jawab

  1. Layanan Platform dan semua informasi, konten, bahan, produk (termasuk perangkat lunak) dan Layanan lainnya disediakan oleh Pengelola "apa adanya" dan "sebagaimana tersedia", kecuali secara tertulis dinyatakan lain.
  2. Pengelola tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun, tersurat maupun tersirat, untuk pengoperasian Layanan, atau informasi, konten, bahan, produk (termasuk software) atau layanan lain termasuk di dalam atau disediakan melalui Layanan, kecuali secara tertulis dinyatakan lain.
  3. Anda secara tegas menyetujui bahwa penggunaan Layanan merupakan risiko Anda sendiri.
  4. Selama diizinkan oleh hukum yang berlaku, Pengelola menolak semua jaminan lisan atau tertulis, termasuk namun tidak terbatas pada, jaminan lisan yang dapat diperjualbelikan dan kesesuaian untuk tujuan tertentu.
  5. Pengelola tidak menjamin Layanan, informasi, konten, bahan, produk (termasuk perangkat lunak) atau layanan lainnya dalam Platform atau komunikasi elektronik yang dikirim Platform bebas dari virus atau komponen berbahaya lainnya.
  6. Pengelola tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang timbul karena penggunaan Layanan, atau informasi, konten, bahan, produk (termasuk perangkat lunak) atau layanan lain yang termasuk dalam atau tersedia untuk Anda melalui Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan langsung, tidak langsung, insidental, kausal, atau lainnya kecuali dinyatakan secara tertulis.
  7. Pengelola tidak bertanggung jawab atas kelalaian yang terbukti disebabkan oleh Pengguna dalam pengelolaan akun, yang termasuk namun tidak terbatas pada pemberian kata sandi atau informasi lain apapun terkait dengan Akun kepada pihak lain manapun berdasarkan alasan apapun, yang menyebabkan Pengguna mengalami kehilangan akses, kendali dan/atau kepemilikan atas Akun. Tanggung jawab tersebut juga termasuk pada kelalaian, kesengajaan atau kealpaan Pengguna dalam hal terjadinya pemberian setiap informasi terkait akun Pengguna melalui akses tautan pihak ketiga di luar kendali Pengelola.
  8. Dalam hal Pengguna mengalami kehilangan akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun Pengguna, maka Pengguna dapat segera melaporkan kepada Pengelola dan Pengelola dengan upaya terbaiknya akan memberi bantuan dan dukungan untuk mengembalikan akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun yang hilang tersebut.
  9. Pengguna memahami dan sepakat bahwa tidak ada jaminan tersirat apapun yang diberikan oleh Pengelola sehubungan dengan keberhasilan bantuan dan dukungan atas usaha pengembalian akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun tersebut. Apabila diperlukan, Pengguna dapat melaporkan kepada pejabat yang berwenang untuk dapat ditindaklanjuti secara hukum yang berlaku dan akan membebaskan Pengelola dari segala bentuk tuntutan dan ganti rugi yang dialami oleh Pengguna berdasarkan klausul ini.
  10. Dalam hal terjadi ketidaksesuaian antara Syarat dan Ketentuan dengan ketentuan terkait lainnya yang disediakan oleh Pengelola, sepanjang tentang persyaratan yang sifatnya umum, maka Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku.

1.13 Force Majeure

  1. Pengelola tidak bertanggung jawab kepada Anda atas pelanggaran, hambatan atau keterlambatan dalam pelaksanaan Perjanjian yang disebabkan oleh keadaan apapun yang berada di luar kendali kami, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Pemogokan, lock-out atau tindakan industrial lainnya.
    2. Keributan sipil, kerusuhan, invasi, serangan teroris atau ancaman serangan teroris, perang (baik dinyatakan atau tidak) atau ancaman atau persiapan untuk perang.
    3. Kebakaran, ledakan, badai, banjir, gempa bumi, longsor, wabah atau bencana alam lainnya.
    4. Keterbatasan atau tidak dapat digunakannya kereta api, pesawat pengirim, alat transportasi bermotor atau alat transportasi lainnya baik publik atau swasta.
    5. Keterbatasan atau tidak dapat digunakannya jaringan telekomunikasi publik atau swasta.
    6. Tindakan, keputusan, undang-undang, peraturan atau pembatasan dari pemerintah, pengiriman, pos atau aksi mogok transportasi lain yang berkaitan, kegagalan atau kecelakaan.
  2. Apabila peristiwa force majeure berlangsung selama lebih dari satu minggu, baik Anda atau Pengelola dapat mengakhiri Perjanjian segera dengan pemberitahuan tertulis dan tanpa Kewajiban lain selain dari pengembalian Barang/Produk yang sudah Anda bayar namun belum terkirim.
  3. Jika Pengelola perlu menyediakan Barang yang identik atau serupa untuk lebih dari satu Pelanggan dan tidak dapat menyediakannya untuk Anda dikarenakan alasan Force Majeure, Pengelola berhak untuk memutuskan Kontak mana yang akan Kami penuhi dan sampai sejauh apa pemenuhan yang dapat dilakukan.
  4. Pengelola berhak untuk menentukan solusi yang dapat digunakan untuk memenuhi kewajiban kami berdasarkan Kontrak dalam hal terjadi peristiwa Force Majeure.

1.14 Perubahan

  1. Pengelola dapat mengubah dan memodifikasi Syarat dan Ketentuan ini setiap saat. Pengguna setuju untuk tetap membaca ketentuan secara berkala guna mengetahui perubahan-perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan. Anda mengakui dan sepakat untuk terikat pada perubahan atau revisi tersebut.
  2. Pengelola dapat mengubah layanan atau fitur pada Platform sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

1.15 Pemutusan

Jika ada pasal dalam Syarat dan Ketentuan menjadi atau dinyatakan oleh pengadilan yang berwenang tidak valid atau tidak dapat diterapkan, cacat hukum atau tidak berlaku, maka pasal tersebut tidak mempengaruhi ketentuan pasal atau bagian lainnya yang semuanya akan tetap berlaku sepenuhnya sepanjang Syarat dan Ketentuan dapat terus berlaku tanpa jangka yang tidak ditentukan.

1.16 Tindakan Hukum

Pengelola berhak untuk melakukan pemeriksaan dan/atau penuntutan atas setiap bentuk pelanggaran suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, termasuk dengan cara melibatkan dan bekerja sama dengan pihak yang berwenang. Pengguna menyetujui bahwa Pengelola berhak untuk melakukan tindakan-tindakan hukum terhadap Pengguna yang melakukan suatu pelanggaran atas ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, dengan tujuan operasional Platform, memastikan kepatuhan pengguna, atau untuk menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku atau keputusan pengadilan, lembaga administratif, maupun badan pemerintahan lainnya. Jika Pengguna melakukan suatu pelanggaran atas suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan Pengelola tidak mengambil tindakan secara langsung, tidak berarti bahwa Pengelola mengesampingkan haknya untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.

1.17 Hukum yang Berlaku

Jika ada pasal dalam Syarat dan Ketentuan menjadi atau dinyatakan oleh pengadilan yang berwenang tidak valid atau tidak dapat diterapkan, cacat hukum atau tidak berlaku, maka pasal tersebut tidak mempengaruhi ketentuan pasal atau bagian lainnya yang semuanya akan tetap berlaku sepenuhnya sepanjang Syarat dan Ketentuan dapat terus berlaku tanpa jangka yang tidak ditentukan.